Cara Mudah Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Shutdown dan Restart

Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Shutdown Dan Restart Dengan Mudah – Dari berbagai macam sistem operasi dari windows sebelumnya, perusahaan microsoft merupakan perusahaan yang sangat besar yang di dirikan oleh Bill Gates. Dapat kita lihat peningkatanya dari beberapa tahun ini, peningatanya yaitu tentang windows 10 yang menurut saya lebih bagus performanya dibandingkan sistem operasi sebelumnya yaitu windows 8 dan windows 7. 

Dari segi tampilan memang saya sangat menyukai tampilan dari windows 10 dan mungkin anda juga menyukai tampilan terbaru ini yang memperpadukan tampilan dari windows 8 dan paduan windows 7. Salah satu kelebihan lainya ialah pada windows 10 sudah terdapat universal apps, yang dimaksudkan ialah aplikasi untuk windows versi mobile dapat dijalankan untuk versi desktop atau pc.
Kemudian untuk versi windows 10 sendiri, sangat enak nih sebab windows 10 itu free alias gratis tanpa dipungut biaya untuk membeli key. Biasanya kita dapat menginstal atau upgrade sistem operasi windows 10 dari versi sebelumnya menggunakan flash drive atau dapat menggunakan online, namun jika online kita terlebih dahulu meninstal sebuah installer windows 10 yang nantinya kita akan menunduh data sistem operasi tersebut.
Cara mengatasi memperbaiki windows 10 tidak bisa shut down

Tentu saja ada kenyamanan tersendiri bagi pengguna OS Windows, kemudian dari proses membuka program komputer yang mengguanakan OS windows 10 lebih cepat loadingnya dari pada versi windows sebelumnya atau terdahulu. Namun di sisi lain windows 10 terkadang tidak berjalan semestinya atau masalah pada windows 10 yang tidak bisa shut down dan restartyang sangat menganggu bugnya, tapi tidak semuanya komputer atau pc mengalami hal seperti itu. Biasanya hal ini terjadi pada beberapa merek perankat keras tertentu.

Masahal yang dialami biasanya terjadi pada laptop asus dan beberapa seri hp tertentu yang sudah upgrade os, Namun jika laptop dan komputer sudah terinstal Windows 10 OEM Pro-Installed pastinya tidak akan terkena masalah tidak bisa shut down atau restart. Pasti ini merupakan dilema bagi pengguna sistem operasi windows terbaru yang disebabkan driver yang mungkin tidak dimiliki atau tidak terinstal sebelumnyaa.

Ini akan berdampak ketika sobat mematikan laptop atau komputer yang sobat miliki dan pada saat itu komputer akan mati namun hanya pada layarnya saja atau tidak mati dengan sempurna, pada pc yang bermasalah seperti ini bagian layar akan mati namun bagian mesin dari pc tersebut tidak mati. Kita bisa mengetahui apakah mesin masih menyala atau tidak pada laptop dengan melihat bagian lampu indikator yang menandakan lampu bagian baterai, wifi dan capslock.

Di sisi lain kita tidak dapat langsung mematikan dari sistem operasi tersebut, hal ini dikarenakan jika pc sudah mati namun matinya tidak sempurna akan menonaktifkan fungsi aktifitasi dari hard disk yang ada, tentu saja tidak ada jalan lain untuk mematikanya pada saat itu dengan cara menekan tombol power beberapa detik dan lebih parahnya lagi kalo cara tersebut tidak berhasil dapat digunakan cabut baterai untuk sebagai jalan pintas sementara. Namun itu bukan cara terbaik dan nantinya sebaiknya kita mengukuti cara seperti berikut ini agar masalah pada windows 10 dapa teratasi dengan baik.

Penyebab Windows 10 Tidak Bisa Shut Down atau Restart

Jika anda bertanya-tanya pada benak anda tentang mengapa ketika komputer atau laptop anda pada saat menggunakan sistem operasi windows 7 dan windows 8 tidak mengalami masalah, dan mungkin anda merasa bahwa ini adalah bug dari windows 10 dan juga semua driver yang dibutuhkan seperti biasanya sudah terinstal. Lalu bagaimana bisa performa pc tidak bisa shut down dan restart dengan baik, maka saya akan jelaskan satu-satu agar sobat mengerti.

Sebenanrya untuk windows 10 sendiri sudah memperbaiki dan menutup bug yang ada, pada saat ini peluncuran windows 10 yang telah mencapai jumlah build 10586 serta sudah memperbaiki build bug untuk versi sebelumnya.

Penyebabnya sebenanrya sangat sederhana ketika pc tidak bisa shut down atau mati yang disebabkan oleh proses downgrade, cara memecahkan masalah ini yaitu dengan cara melakukan downgrade driver EMI ke versi yang lebih rendah. Pada saat ini untuk versi EMI Driver pada windows 10 menggunakan versi ke 11 yang memiliki bug atau masalah tersebut, maka sebaiknya kita segera downgrade versi yang lama yaitu versi ke 10 agar komputer bisa shut down atau restar dengan baik.

Cara Memperbaiki Windows 10 Tidak Bisa Shut Down

Nah kali ini kita akan memecahkan sebuah masalah yang dialami oleh pengguna sistem operasi windows yang tidak bisa mati pcnya, karena beberapa hal diatas yang menyebabkan hal tersebut terjadi, adapun cara memperbaiki windows 10 yang tidak bisa shut down dan restart seperti berikut ini.
  1. Lakukan penginstallan Driver dan sebelum itu anda Unduh Intel Management Engine Driver
  2. Setelah terunduh maka kita langsung menginstal seperti biasanya, kemudian jika pada saat proses penginstallan terdapat pemberitahuan peringatan/wrong, maka anda abaikan saja peringatan tersebut sebab pada Driver Intel Managemen Engine versi 10 tidak terdapat masalah pada windows 10.
  3. Kemudian jika proses instalasi sudah selesai maka sebaiknya kita restart laptop atau komputer kita dengan restart pada sistem operasi saja jangan lewat tombol restart.
  4. Nah jika proses restart berhasil tidak mengalami masalah maka dapat dipastikan komputer sudah normal tidak mengalami kendala lagi, agar lebih mantep jika kita menguji dengan mencoba shut down untuk mengetahui lebih pasti.

Untuk menghindari masalah lagi maka sebaiknya kita jangan dulu update driver managagement engine sebelum pihak intel memperbaiki bugnya, Nah mungkin cukup sekian artikel mengenai Cara mengatasi dan memperbaiki windows 10 yang tidak bisa mati shutdown, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita untuk memecahkan suatu masalah. Barangkali ada pertanyaan yang berkaitan dengan artikel kali ini bisa langsung disampaikan lewat komentar.

Post a Comment for "Cara Mudah Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Shutdown dan Restart"